Cara Mengatasi Problem Install Game Android

FAST DOWNLOADads
Download
Pernah mengalami problem ketika install aplikasi di android? Terutama game, niscaya dong? Emang kau tau ga sih apa masalahnya kok hingga ga sanggup install? kalau tidak tau saya bakal jelasin, dan goresan pena ini ditujukan pada buat kamu-kamu yang masih belum paham soal game android. Belum lagi saya juga mendapatkan beberapa pertanyaan yang pada dasarnya sama, kesalahannya sama. Makanya saya bikin artikel khusus untuk mengatasi problem ketika install aplikasi maupun game.

Supaya kita sanggup menemukan Cara Mengatasi Masalah Install Game Android, maka kita perlu wajib tau masalahnya itu ada dimana? Karena ketika terjadi masalah, itu ada di 2 hal. yaitu problem pada aplikasinya, atau masalahnya ada di hpnya. Malahan, kadang saya galau ketika sanggup pertanyaan "Min, kok ga bisa"? Kalo ditanya 'ga bisa?' saya malah galau jawabnya sebab banyak kemungkinan yang menciptakan game atau aplikasi tersebut ga sanggup di install.

Cara Mengatasi Masalah Install Game Android

 Pernah mengalami problem ketika install aplikasi di android Cara Mengatasi Masalah Install Game Android

Contoh kecilnya: "Berapa usang waktu yang ditempuh untuk pergi ke sumatra?" Kalo ditanya gitu, jawabannya pun banyak, kalo kita tidak tau dimana sumatra maka otomatis kita pun ga sanggup jawab tapi kalo kita udah tau pun maka yang jadi problem itu: "Berapa lama? Emang pergi naik apa? Mobil, kapal atau jalan kaki?"  Kalo sudah tau detailnya kayak gitu otomatis kan lebih gampang ngejawab, hehe.

Oke, abaikan hal itu. itu hanyalah sedikit perumpamaan perihal mengatasi problem install game sebab tiap problem yang dialami jawabannya sanggup beda-beda. Semua tergantung hp, yang pakai, dan jenis hp androidnya. Kenapa?

Masalahnya ada di hp

Tiap hp itu berbeda-beda speknya, misal: ram 1gb, rom 8gb, gpu adreno dengan sistem operasi android jelly bean. Nah, ketika pertama kali kita install sebuah aplikasi yang paling penting untuk diperhatikan itu di cuilan ROM yang tersedia dan juga tipe android kamu. sebab itulah yang paling berperan penting untuk memilih sanggup enggaknya kita install aplikasi sebab tiap pembuat aplikasi ketika awal coding (coding = baca aja: pas pertama kali bikin) ia selalu memilih sasaran pengguna android berapa yang sanggup install aplikasi ini? Pasti itu!
Baca juga: Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Dengan Mudah
Nah, itu ia yang memilih kita sanggup enggak nginstalnya? sebab kalo hp android kita versinya dibawah minimum spek yang ditentukan si pembuat maka otomatis tentu aja kita ga bakalan sanggup install gamenya.

Masalahnya ada di si pengguna

Iya, masalahnya ada pada pengguna hp. Yaitu emang kau punya game berapa sih di hp kamu? Ohh, gitu yaa? trus sisa rom kau berapa? Nah, tiap pengguna jumlah game di hpnya niscaya beda-beda bukan? Tiap orang ga mungkin sama, yaa sama sih tapi itu 10 banding 1. Kalo ga gitu kita install game yang sama namun yang sama hanya beberapa aja.

 Pernah mengalami problem ketika install aplikasi di android Cara Mengatasi Masalah Install Game Android

Hal ini masih ada kaitannya dengan diatas, yaitu sisa rom di hp kamu. Kalau rom kau sedikit maka sudah niscaya kau ga sanggup instal gamenya. Karena ketika instal sebuah game, maka game yang kita install itu nanti akan pindah lokasinya ke dalam memori system di hp kita. Misal: kita install cheat subway surf, ukurannya kan sekitar 60mb'an? Lalu ketika kita sudah sukses menginstall gamenya, maka rom kita pun akan berkurang dan dikurangi 60 mb, kalau kau punya sisa rom bebas 100mb maka nanti bebasnya jadi 40mb.

Kaprikornus intinya, semakin banyak kita install game maka semakin berkuranglah isi memori rom kita. Sama aja kayak kau punya sisa memori eksternal 100mb kemudian kau download file mp3 yang ukurannya 60 mb. Kan abis itu sisa memori kau jadi 40mb? terus kalo kau pengen download lagi file mp3 dengan ukuran 50mb, emang kau sanggup menyimpannya? Tidak sanggup kan? Itu sebab memori kau penuh. Oke, kalo begitu saya pribadi jelasin aja beberapa problem yang paling sering banget kita alami ketika pasang aplikasi maupun game.

Atasi Masalah Application not installed

Pernah mengalami hal tersebut? Biasanya sih pemberitahuannya kayak gitu atau gini "APP not installed" atau kalo bahasa indonesianya "Apl tidak terpasang". Nah, untuk mengatasi hal ini ada beberapa cara. Cara pertama:
  1. Pergi ke pengaturan
  2. Lalu perki ke "Keamanan" Atau privacy, security atau yang lain.
  3. Terus cari "izinkan pemasangan aplikasi sumber tidak dikenal" atau kalo bahasa inggis biasanya gini: "Allow install app from unknown resources" atau mirp* deh, sebab tiap hp beda-beda kata-katanya.
  4. Setelah itu, kau centang deh itu.
Itu fungsinya supaya kau sanggup menginstall aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, biasanya aplikasinya berasal yang bukan pribadi dari playstore dengan artian kau download file apk secara manual, contohnya kayak di blog ini http://namatin.blogspot.com. Kan semua file berupa apk? terus kalo misal kau sudah mencentang itu tapi kok tetap apl tidak terpasang? Baiklah, lanjut ke cara kedua

Lihat sisa ROM dan versi android kamu

Seperti yang sudah tak bilang tadi, kalo rom itu penting sekali. Termasuk versi android juga sangat penting, untuk melihat sisa memori rom kau sebenernya ada 2 cara, cara pertama saya biasanya menggunakan aplikasi Root Explorer kemudian masuk ke dalam folder system dan melihat di cuilan atasnya, terus masuk folder Data, kemudian folder APP. Diatasnya nanti akan muncul dan terlihat berapa sih sisa romnya? tapi itu cara khusus buat hp yang sudah di root, buat hap yang belum di root ada alternatif lain.

 Pernah mengalami problem ketika install aplikasi di android Cara Mengatasi Masalah Install Game Android
Yaitu, install aplikasi berjulukan CPU Z. Lalu kau buka deh aplikasinya dan buka cuilan "System" dan nanti akan muncul gambar ibarat diatas. Yang wajib kau perhatikan ialah cuilan Android Version, Kernel Architecture dan Available storage. Untuk melihat sisa rom kau itu berapa, kau lihat deh di cuilan yang tak kasih warna merah. Angka tersebut ialah total sisa rom saya, yaitu 0.22GB kalo dijadikan mb jadinya sekitar 220 mb.

Syarat minimal sisa rom yang wajib kau miliki supaya kau sanggup pasang game android ialah 100mb, itu minimal sehabis kau pasang aplikasinya sebab di hp saya kalo sisanya kurang dari itu maka aplikasinya tidak sanggup dipasang. Kaprikornus maksudnya gini:
Baca juga: Cara Pakai Emulator ps1 Android Dengan Lancar
Misal sisa rom kau 120mb, kemudian kau install aplikasi ukuran 20 mb, kan sisanya tinggal 100mb ketika sehabis install kan? terus kalo misal sisa 120mb, kemudian kau install aplikasi ukuran 30 mb maka kemungkinan tidak akan sanggup dipasang aplikasinya sebab total sisa sehabis install itu kurang dari 100mb. paham kan? Tapi itu bukanlah nilai yang BAKU, yang artinya kondisi tiap hp berbeda kadang ada yang minimalnya 70mb, 50mb atau yang lain.

Tapi kalo bagi saya 50mb itu terlalu sedikit sekali, dan kalau kau memaksakan instal aplikasi maka kemungkinan terburuknya kau akan selalu mengalami "Aplikasi google play telah terhenti". Kaprikornus ketika kau mengalami problem "apl tidak terinstal", maka kau harus memastikan dulu apa rom kau masih banyak? Sudah yakin rom kau masih tersisa banyak tapi tetap mengalami problem yang sama? Kalo begitu lanjut deh.

Cara Mengatasi

Hapus beberapa aplikasi yang mempunyai ukuran apk besar. Misal, kayak apk game cheat riptide gp renegade. Itu kan punya ukuran hampir menyentuh 100mb'an? nah, cukup hapus satu atau dua aplikasi semacam itu. Cara lain ialah dengan cara menghapus cache beberapa aplikasi messenger, semisal Instagram, Line atau WA. Saya lupa mana yang memakan memori rom untuk menyimpan cachenya tapi, kalo punya kau sanggup menghapus datanya aja.


Perhatikan Versi Android kau

Coba lihat deh di cuilan android version, android kau versi berapa dan apa? kalo versi 4.1 keatas itu masih termasuk jelly bean. Diatas kan sudah pernah tak sebutin kalo sasaran sebuah aplikasi itu berbeda-beda, semakin gres targetnya maka semakin sedikit pula yang install. Sebagai contoh, ada pengembang yang menargetkan aplikasinya sanggup di install di hp versi gingerbread, maka otomatis semua versi diatasnya niscaya sanggup menginstal aplikasi tersebut.

So kemungkinan besar yang makai pun banyak. Kaprikornus hal pertama yang wajib kau pastikan ialah apakah hp kau sudah sesuai target? Contohnya, untuk game subway surf terbaru. Coba lihat gambar dibawah ini.

 Pernah mengalami problem ketika install aplikasi di android Cara Mengatasi Masalah Install Game Android


Untuk versi terbarunya yang 1.66, hanya sanggup di instal pada hp android kitkat (4.4) keatas. jadi untuk sanggup mengatasi problem aplikasi tidak sanggup terpasang ialah kau harus sanggup memastikan apakah versi android kau sudah sesuai? Caranya tinggal cari aja info aplikasinya, berapa minimum spek hp biar sanggup menginstal aplikasi tersebut? Kalo kau ga mau repot kau sanggup pergi ke google dan mengetikkan "nama aplikasi kau apkpure" kemudian klik search.

jadinya gini nanti, misal: "subway surfers apkpure" kemudian di halaman pencarian kau klik situs dengan nama apkpure.com. Terus lihat dibagian bawah sendiri di cuilan apk history. Kamu akan melihat gambar ibarat diatas, perhatikanlah yang saya lingkari warna merah. Itulah versi minimum yang sanggup menginstall aplikasi subway surf. Paham kan?

Selanjutnya, kalau kau tetap ngotot untuk mendownload aplikasi tersebut meski versi android kau tidak memenuhi kriteria nanti kau niscaya tidak akan sanggup menginstal aplikasi ataupun game tersebut.

 Pernah mengalami problem ketika install aplikasi di android Cara Mengatasi Masalah Install Game Android
Biasanya akan ada goresan pena "gagal mengurai paket" atau "terjadi problem ketika mengurai paket" . Ada cara lain yang lebih gampang untuk mengetahui aplikasi tersebut cocok apa enggak dengan hp android kau ialah dengan cara melihat ikonnya ada apa enggak. Coba perhatikan gambar diatas yang saya tunjuk dengan arah panah warna biru. semua game ada ikonnya kan, cara mengfetahui gamenya ada ikonnya atau enggak kau cukup masuk ke file manager di hp android kamu.

Saya ga tau apa semua file manager sanggup menampilkan ikon gamenya atau enggak tapi yang terang kalo game tersebut tidak mempunyai ikon ibarat yang saya tunjukkan tadi itu sebab ap-likasinya tidak kompatible dengan hp android kamu. Alasan skyforce reloaded itu ga ada ikonnya ialah sebab versi android saya itu jelly bean sedangkan untuk game Skyforce ini minimal versi android yang sanggup menginstallnya ialah versi android 5.0 keatas, atau mudahnya android lolipop.

Cara Mengatasi

Cukup cari mod untuk versi yang sesuai, contohnya aja: kau tau pokemon go? Itu kan game yang hanya sanggup dimainkan pada android Kitkat? nah game tersebut ternyata ada versi untuk jellybeannya alias android 4.1 keatas. Namun, hal ini sangat jarang sekali yang mau berbagi versi mod sesuai sasaran aplikasinya. Kecuali untuk game yang populer banget.

So tidak ada cara lain selain mengupgrade hp kau ke versi android keatas. Sekarang aja versinya sudah hingga versi android 6.0 Alias android Nougat.

Cek versi kernel android kamu

Selanjutnya ialah versi kernel di android, hal ini juga turut memilih apakah hp kau sanggup menginstall aplikasi apa enggak ialah dengan melihat versi kernel android kau dan membandingkannya dengan game tersebut. ga tau apa itu kernel? Coba deh skrol lagi ke atas dan peerhatikan lagi gambar tangkapan layar CPU Z diatas tadi. Perhatikan dibagian "Kernel Architecture" yang ada dibawahnya android version. Ada tulisannya ARMV7.

Itulah versi kernel, ada 2 yang saya tau yaitu Armv7 dan Armv6, satunya lagi x86. Namun saya akan jelasin perihal armv7 sama armv6. kalo hp kau kernelnya armv7 maka kau akan sanggup menginstall aplikasi armv7 dan armv6, tapi kalo hp kau versi kernelnya itu armv6 otomatis kau hanya sanggup menginstall aplikasi armv6 doang.

Hal ini masih sama dengan versi Android, yaitu kau ga akan sanggup menginstall sebuah game armv7 di hp android armv6. Kecuali kau mengconvertnya dulu tapi untuk mengconvert dari armv7 ke armv6 itu ga semua game sanggup diconvert, hanya sebagian kecil aja. Contoh game yang Armv7 ialah, Cheat Dream League Soccer. jadi kalo kau ga sanggup menginstall aplikasi dream league soccer maka kau wajib memastikan masalahnya ada dimana, niscaya ada di salah satu yang sudah tak jelasin diatas.

Cara Mengatasi

Cari mod yang sesuai, namun ini jarang jadi skip aja. Cara paling ampuh ialah BELI HP LAGI. hehehehe. sebab kau ga sanggup mengconvert armv6 ke armv7. So hal termudah yaa beli hp lagi.

Masalahnya ada di Aplikasi

 Pernah mengalami problem ketika install aplikasi di android Cara Mengatasi Masalah Install Game Android

Aplikasinya Rusak

Hal lain yang sanggup bikin kau tidak sanggup install game ialah aplikasi tersebut rusak, hal ini berlaku kalau kau menggunakan cheat game, atau mod game. jadi untuk memastikan hp kau itu normal, kau cukup menginstall aja aplikasi yang asli, yang ada di playstore. kalo sanggup berarti kau harsnya sanggup menginstal aplikasi yang dimaksud, namun mod aplikasinya yang rusak. Hal ini sebenernya jarang sekali terjadi sebab sang pembuat mod niscaya melaksanakan testing aplikasi tersebut sebelum kesudahannya di sebarluaskan.

Saya sendiri aja selalu melaksanakan test gamenya sehabis melaksanakan mod sebelum saya bagikan. Kaprikornus kemungkinan mod game rusak sangat kecil. Dan hal paling nyebelin dari ngemod game ialah cuilan testong, sebab perlu copot pemasangan dulu, kemudian instal lagi dan begitu seterusnya hingga kau menemukan mod yang di inginkan.

Cara Mengatasi

Sudah paham kan gimana mengatasinya? Tinggal cari apk yang sanggup kau install. Saya pernah error waktu menginstall game gara* modnya. Game yang pernah tak install itu Riptide GP, dan sehabis ganti mod apk kesudahannya saya sukses sanggup main.

Mod Game Apk Perlu Root

Tau ga sih, ada beberapa mod meski apknya tidak rusak tapi tetap aja kita ga sanggup memasangnya? Itu sebab aplikasi tersebut memerlukan hak kanal root supaya kau sanggup instal game itu dengan normal dan sanggup menjalankan cheatnya. Hal terbaik untuk mengetahui game mod tersebut perlu root apa enggak yaitu dengan bertanya kepada sang pembuat.

Semua mod yang belum di sign, tidak sanggup dipasang pada hp androiod tanpa root. Biasanya hal ini dilakukan supaya modnya sanggup login ke googleplay, googleplus atau sanggup dimainkan secara online. Paham kan?


Masalah Resources could not be found

 Pernah mengalami problem ketika install aplikasi di android Cara Mengatasi Masalah Install Game Android

Pernah mengalami hal ibarat diatas ga? muncul goresan pena "download failed because the resources could not be found" ketika membuka gamenya, biasanya ini terjadi pada game besar ibarat pada game bully, hal ini berlaku buat semua game baik itu yang pakai cheat game bully anniversary edition maupun tanpa cheat. Hal ini terjadi sebab aplikasinya itu tidak sanggup membaca file obb, pokoknya pada dasarnya obb maupun datanya itu ga sanggup terbaca. Meskipun lokasi file obb dan data sudah benar tapi kau akan tetap mengalami problem diatas jika.

1. File OBB Korup

Yaa, ini kadang terjadi kalo file obb korup jadi kau ga bakal sanggup memainkan game kalo filenya itu korup. Solusi? Cari obb ditempat lain.

2. Ukuran OBB atau DATA tidak sesuai

Masih sama dengan hal diatas, kalo ukuran obb kau tidak sesuai yaa kau bakalan terus mengalami hal diatas.  Biasanya aplikasi itu selalu melaksanakan checking pada ukuran obb tersebut, kalo ukuran obb tidak sesuai yaa kau bakalan terus mengalami resources could not be found. sebab apknya tidak sanggup menemukan obb yang dimaksud gara* ukuran file. Solusi? Download Ulang

3. Versi OBB Salah

Jangan salah yaa? tiap game ketika melaksanakan update itu biasanya file obb itu juga ikut terupdate. So, contohnya aja kayak game dream league soccer. Tiap versi itu ukuran obbnya beda dan kau harus menggunakan ukuran obb yang sesuai biar game kau sanggup dimainkan. Solusi? Periksa versi obb dan versi game kamu, kalo cocok berarti kau sanggup main.

Cara mengatasi download failed because the resources could not be found

Hal yang sangat sering terjadi ialah problem ini, kau ga sanggup mainin gamenya hanya sebab lupa meletakkan lokasi obb dengan benar. Untuk cara mengatasinya pun sangat gampang sekali, kau tinggal pindah aja file obb dari memori eksternal ke memori internal, atau sebaliknya. Lalu coba deh gamenya!!

Kalo ga gitu, kau salah meletakkan file obb. Lokasi obb itu ada di dalam folder Android/OBB/Disini. Yaa, kesudahannya goresan pena ini sudah selesai, kalau kau mengalami problem ketika install game cukup periksa ibarat yang tak sebutkan diatas, masalahnya ada dimana? kalo sudah gitu kau pun sanggup mengatasinya kan. Ya sekian dulu dan selamat bermain.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url